Beranda

Tuesday, December 18, 2012

UNIVERSITAS AL AHQAF, YAMAN




SEKILAS TENTANG HADHRAMAUT

Hadhromaut adalah salah satu provinsi yang ada di bagian selatan Republik Yaman, sebuah provinsi yang kaya akan peradaban Islam dan semarak dengan ilmu pengetahuan. Sejak silam orang-orang telah datang dari berbagai penjuru negeri untuk menuntut ilmu di tempat ini, hingga bermunculanlah ulama-ulama besar yang menyebarkan Islam ke berbagai negara termasuk Negara Indonesia tercinta. Hingga kini ribuan manuskrip hasil karya putra ulama-ulama terdahulu masih terpelihara di perpustakaan-perpustakaan setempat, hubungan (komunikasi) antara Indonesia-Yaman pernah terputus beberapa tahun silam, ketika negara tersebut dikuasai dan dijajah oleh komunis.
Alhamdulillah semua itu telah berlalu, hingga kemudahan komunikasi kembali terwujud dibarengi dengan munculnya kembali lembaga-lembaga Islam, wadah penggemblengan generasi penerus da’wah Rasulullah SAW. Indonesia adalah salah satu negara yang banyak putra-putri bangsanya ke Yaman untuk menimba ilmu di tempat penyebar Islam berasal.

UNIVERSITAS AL-AHQAFF

Al-Ahqaf adalah salah satu universitas yang berada di provinsi hadramaut, universitas ini resmi didirikan pada tahun 1994 melalui SK Menteri Pendidikan No. 5 tanggal 8 Februari Tahun 1994, oleh para ulama terkemuka yang dipelopori Al Allamah l Habib Abdullah bin Mahfudz Al Haddad Mufti Provinsi Hadramaut. Pada tahun 1995 Universitas Al-Ahqaf resmi menjadi anggota persatuan universitas negara negara Arab dan resmi menjadi anggota Asosiasi Universitas-Universitas Islam.

FAKULTAS

Universitas Al-Ahqaf mempunyai 4 Fakultas sebagai berikut:

1. Fakultas Syari’ah Wal Qonun (putra/5tahun)
2. Fakultas Ekonomi (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Akuntansi
b). Manajemen bisnis
3. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Komputer Informatika
b). Teknik Komputer
4. Fakultas Tarbiyah (putra/ 4 tahun) jurusan:
a). Dirosah Islamiyah
b). Bahasa Arab

Pelajar Indonesia diberikan besasiswa khusus untuk belajar di:

1. Fakultas Syari’ah wal Qonun (putra)
2. Fakultas Tarbiyah (putri)

FAKULTAS SYARI’AH WAL QONUN (PUTRA)

Ditempatkan di kota “Tarim” yang sejak dulu dikenal sebagai kota Ilmu dan Ulama’. Universitas Al-Ahqaf dengan Fakultas Syariahnya telah mencoba untuk memelihara dan menggabungkan antara manhaj Salaf dan Kholaf.
FAKULTAS TARBIYAH (PUTRI)
Bertempat di kota Mukalla. Para mahasiswi, dibekali dengan berbagai ilmu keislaman yang sesuai dengan kebutuhan zaman, sehingga menjadi wanita sholihah yang berilmu tinggi dan berwawasan luas. Di Universitas Al-Ahqaf juga telah dibuka program (S2) dan (S3) Fakultas Syariah, Ilmu Bahasa Arab dan Tarbiyah.

Universitas Al Ahqaf Hadramaut Memberikan kesempatan kepada lulusan SMU/ Aliyah/ Sederajat untuk mengikuti program beasiswa studi lanjut S1 (Lc) ke Universitas Al Ahqaf Hadramaut Yaman, yaitu :
- Fakultas Syari’ah wal Qanun (Putra)
- Fakultas Dirasah Islamiyyah (Putri )
Untuk tahun akademik 2012/2013 yang diselenggarakan dengan beberapa ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :

A. PERSYARATAN DAN KETENTUAN

1. Mengisi formulir pendaftaran test
2. Menyerahkan photo copy ijazah SMU/Aliyah/Sederajat sebanyak 2 lembar. Bagi yang ijazahnya belum keluar maka dapat menyerahkan photo copy raport SMU/Aliyah/ Sederajat.
3. Menyerahkan pas photo berwarna 3x4 sebnyak 4 lembar
4. Membawa surat pengantar mengikuti seleksi, dari sekolah / Pondok pesantren.
5. Bagi mereka yang memenuhi syarat dan dinyatakan lulus test :
a. Harus bebas HIV dan Hepatitis B dan C ( dibuktikan dengan hasil laboratorium yang di akui negara)
b. Akan mendapatkan beasiswa penuh ( asrama, pendidikan, dan makan) kecuali tiket pemberangkatan dan tiket jaminan kepulangan, visa ,handling,tax,tarjamah transkrip,dll yang ketentuannya akan di hitung saat seleksi.
6. Ijazah paling lama 3 tahun
7. Nilai rata-rata ijazah / STTB lebih dari 7 (tujuh)


Universitas Al Ahqaf adalah salah satu Universitas terkemuka di Yaman yang bermadzhab Syafi’I, madzhab mayoritas masyarakat Muslim Indonesia. Sejak 2009, Pondok Pesantren Alkhairaat Tilamuta telah mengirimkan santrinya ke Al Ahqaf ini. Sisitem pendidikan berasrama (Boarding School) selama 4 tahun di Al Ahqaf telah banyak melahirkan mahasiswa yang mumpuni dalam ilmu-ilmu keagamaan dan berakhlaqul karimah. Penguasaan terhadap bahasa Arab yang baik dan benar serta penguasaan kitab-kitab rujukan klasik Ummat Islam menjadi hal yang sangat di prioritaskan bagi lulusan universitas ini.


3 comments:

  1. masya.allah sy kapan sy bisa kesana

    ReplyDelete
  2. كيف الطرق لنيل منحة الدراسية هناك ؟

    ReplyDelete
  3. subhanallah ...
    dgan usaha smoga saya ada jalan untuk kesana amiiiin

    ReplyDelete